JENIS-JENIS AUDIT ENERGI

JENIS-JENIS AUDIT ENERGI


Audit energi adalah proses evaluasi pemanfaatan energi dan identifikasi peluang penghematan energi serta rekomendasi peningkatan efisiensi pada pengguna sumber energi dan pengguna energi dalam rangka konservasi. Sedangkan konservasi energi sendiri didefinisikan sebagai suatu kegiatan pemanfaatan energi secara lebih efisien (optimal) dan rasional tanpa mengurangi penggunaan energi yang memang benar-benar diperlukan untuk melaksanakan suatu kegiatan atau pekerjaan. (Abdurrachim, dkk., 2002). Tujuannya adalah untuk melakukan verifikasi bahwa subjek dari audit telah diselesaikan atau berjalan sesuai dengan standar, regulasi, dan praktik yang telah disetujui dan diterima.

Prosedur audit energi di Indonesia telah diatur oleh Badan Standarisasi Nasional sejak tahun 2000, melalui SNI 03-6196-2000 tentang Prosedur Audit Energi Pada Bangunan Gedung. Standar ini kemudian diperbaharui pada tahun 2011 melalui SNI 6196:2011, dan digunakan hingga saat ini. Standar ini dimaksudkan sebagai pedoman bagi semua pihak yang terlibat dalam perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pengelolaan bangunan gedung dalam rangka peningkatan efisiensi konsumsi energi dan menekan biaya energi tanpa mengurangi kualitas kinerjanya (SNI 6196:2011). 

Audit energi dibagi menjadi tiga jenis, yaitu :

1. Audit Energi Singkat
Kegiatan audit energi singkat meliputi pengumpulan data historis, data dokumentasi bangunan gedung yang tersedia dan observasi, perhitungan IKE, potensi penghematan energi dan penyusunan laporan audit.
2. Audit Energi Awal
Pada audit energi awal ditambahkan kegiatan observasi dan pengukuran sesaat.
3. Audit Energi Terinci
Pada audit energi rinci, pengukuran dilakukan secara detail dan lengkap, disertai dengan analisis teknik dan finansial.

Proses audit energi adalah sebagai berikut ini :
1. Persiapan
2. Survei Data
- Melihat
- Mencatat
- Mengukur
3. Analisis Data
- Menghitung efisiensi/kinerja
- Evaluasi
- Identifikasi penghematan energi
- Historis, teknik & finansial
4. Laporan
- Rekomendasi
- Tindak lanjut.

Apabila anda membutuhkan audit energi listrik, anda dapat melakukannya di sewatama yang memiliki tim ahli berstandar internasional dalam bidang simulasi dan permodelan energi, tekhnik mesin, elektronika serta audit energi listrik yang berspesialisasi dalam perancangan energi efisiensi sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Sewatama selalu memegang standar tertinggi dalam menjalankan pelayanan bagi para konsumennya.

Anda mungkin menyukai postingan ini