Air Terjun Tanah Merah di Samarinda Kalimatan Timur

Air Terjun Tanah Merah di Samarinda Kalimatan Timur

Di Samarinda terdapat Air Terjun Tanah Merah tepatnya terletak sekitar 14km dari Pusat Kota Samarinda, Dusun Purwosari Kecamatan Samarinda Utara. Tempat ini menjadi pilihan tepat bagi wisata keluarga karena sudah dilengkapi pendopo istirahat, tempat berteduh dengan pohon yang rindang di sekitar lokasi, warung, areal parkir kendaraan yang cukup luas, pentas terbuka dan tempat pemandian. 
Air Terjun Tanah Merah di Samarinda Kalimatan Timur
Air Terjun Tanah Merah di Samarinda Kalimatan Timur. (foto: kalimantantourism.com)
Untuk mencapai lokasi Air Terjun Tanah Merah tersebut, dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor baik roda dua maupun empat serta angkutan umum trayek Pasar Segiri - Sungai Siring.

Ketinggiannya hanya mencapai 15m, aliran air yang merayap di batuan besar berakhir di kolam yang lebar di bawahnya. Namun kolam tersebut tidak bisa digunakan untuk berenang. Hal tersebut diakibatkan pernah ada kejadian pengunjung yang tenggelam. 

Berbeda dengan air terjun yang umumnya memiliki air jernih, Air Terjun Tanah Merah berwarna kecoklatan karena kondisi di Daaerah Aliran Sungai yang cenderung berlumpur dan tanah gambut. Suasananya asri dan terletak di pinggiran perkampungan yang masih alami. Hal ini menjadi daya tarik atau sisi lain dari Samarinda yang sedang melakukan pembangunan dari sektor ekonominya. Ditambah pohon-pohon yang menjulang tinggi khas tanah Borneo semakin menambah keasrian tempatnya. Semoga Bermanfaat.

Anda mungkin menyukai postingan ini