Breaking

Rabu, 16 Januari 2019

Cara Terbaik Menjadikan Kipas Angin Lebih Awet, Sudah Tahu Belum?

Cara Terbaik Menjadikan Kipas Angin Lebih Awet, Sudah Tahu Belum?


Memiliki sesuatu yang awet memang akan terasa menyenangkan. Selain membuat anggaran tak boros, sesuatu yang awet bisa membuat kita jadi lebih puas dalam pembelian. Salah satu produk yang sangat rentan keawetannya sendiri adalah perangkat elektronik, termasuk perangkat pendingin ruangan. Nah karena perangkat pendingin ruangan ini rentan, maka bila kita memilikinya wajib untuk merawatnya dengan baik.

Perangkat pendingin ruangan sendiri saat ini terbilang banyak ragamnya. Selain kipas angin dan Air Conditioner (AC), yang selama ini kita kenal, sekarang kita juga bisa menjumpai beberapa produk lain seperti air humidifier, air purifier dan juga air cooler atau kipas angin AC. Untuk nama terakhir yang disebut, maka Anda yang memilikinya perlu mencermati beberapa hal agar kipas angin AC ini tetap awet. Nah berikut ini adalah beberapa cara atau langkah yang bisa Anda lakukan untuk menjadikan kipas angin AC jadi lebih awet.

Kipas Angin Lebih Awet
1. Hindari Air Dingin Pada Tangki yang Kosong
Cara pertama untuk menjadikan kipas angin AC Anda jadi lebih awet adalah dengan menghindari menyalakan dengan kondisi air dingin pada tangki kosong. Keberadaan kipas angin AC memang sanat tergantung pada persediaan air dingin di tangki. Jika air dingin pada tangki ini habis, maka sebaiknya Anda tidak menyalakan kipas angin AC sebelum mengisi ulang airnya. Mengapa demikian? Sebab bila Anda menyalakan kipas angin AC dalam keadaan air dingin pada tangki kosong maka hal ini akan memicu munculnya panas pada perangkat. Bila kemudian hal ini berlangsung lama maka hal ini akan membuat kipas angin AC menjadi rusak. Nah maka dari itu Anda yang memiliki kipas angin AC dan berharap perangkat ini bisa awet maka pastikan selalu persediaan air dingin atau es pada tangki selalu ada dan tersedia sebelum menyalakan perangkat.

2. Pastikan Membersihkannya Minimal Satu Bulan Sekali
Awet tidaknya barang memang tergantung bagaimana pemiliknya rajin merawatnya. Semakin rajin perawatan yang dilakukan pemilik terhadap barang, maka akan semakin besar peluangnya untuk membuatnya awet. Begitu pula dengan kipas angin AC. Maka semakin rajin pemiliknya merawat maka akan semakin besar kemungkinan Anda membuat kipas angin AC jadi awet. Nah untuk urusan perawatan kipas angin AC agar awet maka disarankan Anda sebagai pemiliknya untuk rutin membersihkan perangkat ini minimal satu bulan sekali. Bersihkan bagian tangki, filter dan bagian lainnya agar kotoran yang menempel jadi hilang dan kipas angin AC kembali bersih serta berfungsi maksimak. Tentu dengan kemudahan perawata kipas angin AC karena bisa dilakukan sendiri maka seharusnya Anda tak menemui kesulitan untuk melakukannya.

3. Tempatkan di Tempat yang Tepat dan Semestinya
Selanjutnya, cara terbaik untuk menjadikan kipas angin AC jadi lebih awet adalah dengan menempatkannya di tempat yang tepat dan semestinya. Penempatan kipas angin AC memang tak boleh dianggap sepele. Sebab bila Anda tak berhati-hati dan menempatkannya secara sembarangan maka perangkat kipas angin AC jadi rusak. Beberapa lokasi yang seharusnya dihindari untuk tempat atau lokasi kipas angin AC yakni dekat perapian, dekat kulkas, dekat perangkat elektronik, dekat benda logam dan juga di ruangan dengan sirkulasi udara buruk. Untuk yang terakhir, penempatan di ruangan dengan sirkulasi udara buruk tidak hanya bisa membuat perangakt tidak awet, tapi penempatan tersebut juga bisa membuat munculnya beberapa penyebab penyakit seperti jamur, bakteri, virut dan parasit. 

4. Lihat Garansi yang Ada
Terakhir, cara terbaik untuk membuat awet produk kipas angin AC yakni dengan mencermati garansi yang ada. Tidak jarang memang ada beberapa brand atau merk kipas angin AC yang kemudian memberikan kartu garansi untuk setiap pembelian yang dilakukan oleh konsumen. Nah dari adanya kartu garansi ini tentu Anda bisa mengklaim bisa terjadi sesuatu pada kipas angin AC. Ketika kipas angin AC yang bermasalah ini ditangani langsung oleh pabriknya atau produsennya, maka akan ada rasa tanang dan nyaman dari diri kita. Tapi bila Anda mengacuhkan garansi yang ada dan kemudian membawa kipas angin AC yang bermasalah ke orang lain maka hal ini belum tentu membuat Anda mendapat kepuasan service atau perbaikan.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact