Sekilas Tentang Teknologi 4G LTE

Sekilas Tentang Teknologi 4G LTE

Istilah Teknologi 4G mungkin sudah tidak asing lagi di telingan kita, benar kan ? Smartphone yang kamu miliki mungkin sudah memiliki teknologi 4G. Tapi apakah kamu tahu yang dimaksud dengan teknologi 4G ? Sebutan itu merujuk pada teknologi jaringan internet super cepat generasi keempat berbasis Internet Protocol (IP) sehingga proses transfer data lebih cepat dan stabil. 

4G LTE merupakan pengembangan yang disediakan oleh para penyedia layanan internet dari teknologi yang sebelumnya yakni 3G dan 2G. Jaringan pita ultra lebar disediakan untuk berbagai perlengkapan laptop, smartphone, dan tablet yang memungkinkan mengakses internet dengan sangat cepat. Kecepatannya pun hingga 3 kali lebih cepat dari teknologi 3G yang sebelumnya sudah ada. 

Tahun 2009, teknologi ini mulai dikembangkan dari swedia yang kemudian ditetapkan sebagai standar teknologi 4G LTE di dunia. LTE (Long Term Evolution) memiliki saingan yang direkomendasikan juga yaitu 4G ViMAX dari Negara Maju Baru Korea Selatan. Sistem 4G yang disebutkan terakhir itu menyediakan solusi IP yang komprehensif, suara, data dan arus multimedia dapata sampai ke tangan pengguna kapan saja dan dimana saja dengan rata-rata data lebih tinggi. 

Sistem berbasis IP yang terintegrasi penuh dapat dicapai setelah teknologi kabel dan nirkabel dikonversikan dan mampu menghasilkan kecepatan hingga 100Mb/detik dan 1Gb/detik. Kualitas premium dan keamanan yang tinggi dengan harga terjangkau menjadi kelebihan yang dimiliki oleh teknologi 4G tersebut. Jaringan 4G LTE memungkinkan pengguna untuk lebih mudah mengakses aktivitas online secara lebih mudah, cepat dan efisien. Ketika bermain game online, kualitas yang diberikan semakin lancer dan stabil, download file lebih cepat, dan streaming tanpa terputus. 

Namun, dari berbagai kelebihan yang telah disebutkan di atas, masih ada kekurangan yang dimiliki oleh teknologi ini. Diantaranya adalah biaya infrasktruktur jaringan baru relative lebih mahal. Selain itu, jika jaringan akan melakukan pembaharuan maka peralatan pun harus diinstal kembali. 

Itulah Sekilas Tentang Teknologi 4G LTE yang harus kamu ketahui sebagai tambahan informasi dalam menambah wawasan. Semoga Bermanfaat. 

Anda mungkin menyukai postingan ini