Kelebihan Susu Evaporasi Dibandingkan dengan Susu Kental Manis

Kelebihan Susu Evaporasi Dibandingkan dengan Susu Kental Manis


Produk susu kental manis terbilang cukup banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Susu kental manis banyak menjadi pilihan karena harganya yang murah dan bisa dijangkau oleh semua kalangan. Jenis susu ini sering digunakan untuk menambah citarasa manis dan creamy pada berbagai sajian makanan dan minuman, seperti pada roti bakar, martabak manis, hingga minuman Thai tea yang sangat populer itu. Namun tahukah Anda, dibandingkan susu kental manis, ada produk susu kental lainnya yang lebih bagus untuk dikonsumsi, yaitu susu evaporasi atau evaporated milk.

Sekilas antara produk susu kental manis dengan evaporasi tidak terlihat perbedaan yang signifikan. Karena di pasaran, kedua produk ini dijual dalam wadah kalengan. Namun jika dilihat dari isinya akan sangat berbeda. Jika pada susu kental manis mengandung gula di dalamnya, tidak demikian dengan evaporated milk. Susu kental manis memiliki kandungan gula yang sangat tinggi, namun untuk evaporated milk diproses sedemikian rupa hingga kental tanpa menggunakan tambahan gula di dalamnya.

Susu evaporasi dibuat dengan cara memanaskan susu hingga sekitar 60% kandungan airnya menguap atau terevaporasi, untuk kemudian dihomogenisasi, dikemas, dan disterilisasi. Hasilnya susu jenis ini akan sangat pekat, creamy, serta sangat terkonsentrasi yang bisa disimpan hingga beberapa bulan. Meskipun melalui proses evaporasi, kandungan nutrisi di dalamnya tetap terjaga. Anda masih akan mendapatkan berbagai kandungan laktosa, lemak, mineral, kalsium, dan vitamin saat mengkonsumsinya. Ciri khas susu ini selain teksturnya yang pekat, kental, dan creamy, juga terlihat dari warnanya yang cenderung kuning. Hal ini bisa terjadi karena terciptannya karamel saat proses evaporasi. Dibandingkan dengan susu kental manis yang kandungan susnya sangat sedikit, evaporated lebih unggul karena hal berikut:
  1. Mengandung banyak protein yang berguna sebagai sumber energi, menjaga sel, jaringan, dan otot dalam tubuh agar tetap sehat.
  2. Mengandung banyak kalsium yang bagus untuk kesehatan tulang dan gigi.
  3. Aman dikonsumsi bagi mereka yang menjalankan diet karena tidak mengandung gula di dalamnya.

Makanan yang banyak mengandung gula sebaiknya dihindari sedini mungkin karena tidak bagus untuk kesehatan. Anda bisa mengganti kegunaan susu kental manis dengan susu evaporasi karena rendah gula. Karena memiliki citarasa gurih, evaporated milk akan sangat cocok digunakan pada olahan sup, aneka saus creamy, minuman Thai tea, dll. Susu jenis ini dan unsalted butter terbilang cukup mudah ditemukan di pasaran, baik di supermarket, toko bahan kue, hingga situs online.

Anda mungkin menyukai postingan ini