-->

Breaking

Rabu, 01 Januari 2020

3 Fungsi Bakteri Baik di Dalam Tubuh Manusia

3 Fungsi Bakteri Baik di Dalam Tubuh Manusia


Semua hal yang menyangkut kesehatan tubuh, bersandar pada kesehatan saluran pencernaan atau usus. Jika masih ada bakteri baik melawan bakteri jahat di dalam sistem pencernaan terutama usus, maka kesehatan tubuh manusia pun akan tetap terjaga sepanjang harinya.  Salah satu peranan penting bakteri baik untuk tubuh, yaitu memberikan perlindungan terhadap infeksi. Dengan adanya bakteri baik juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Secara umum, fungsi bakteri baik dibagi menjadi 3 pengelompokan. Berikut di bawah ini penjelasan lengkapnya:

1. Fungsi perlindungan
Sifat bakteri baik yaitu dapat memberikan perlindungan secara utuh di dalam tubuh. Agar perlindungan terhadap tubuh lebih maksimal oleh bakteri baik, maka perlu penjagaan yang baik pula terhadap bakteri itu sendiri. Untuk menjaga dan meningkatkan jumlah bakteri baik itu sendiri, bisa dengan mengkonsumsi jenis makanan sayuran dan buah-buahan yang mengandung serat, karena serat sangat bersahabat untuk bakteri baik.

2. Fungsi struktural
Bakteri baik juga memiliki peranan penting dalam beberapa fungsi struktural di dalam tubuh manusia. Salah satu di antaranya adalah pengembangan sistem kekebalan tubuh, memperkuat efek penghalang usus dan meningkatkan kesehatan sel usus dan pembentukan dinding usus. 

3. Fungsi metabolik
Fungsi lain dari bakteri baik ini adalah sebagai pembantu pencernaan, memproduksi asam organik yang menghambat pertumbuhan patogen, meningkatkan penyerapan mineral, sistesis vitamin, detoksifikasi karsinogen, dan menyelamatkan semua energi kritis yang dibantu oleh bakteri baik.

Dengan tiga fungsi tersebut, dapat dimungkinkan kesehatan manusia akan tetap terjaga, selagi tidak ada pembunuhan terhadap bakteri tanpa pandang bulu. Hati-hatilah ketika Anda mengonsumsi jenis obat-obatan yang mengandung antibiotik, karena dapat mengurangi bahkan membunuh secara masal bakteri baik. 

Untuk memaksimalkan kondisi bakteri di dalam tubuh, Anda perlu memberinya makanan agar jumlahnya semakin bertambah. Salah satu jenis makanan yang dapat meningkatkan jumlah bakteri baik adalah jenis sayuran dan buah-buahan yang kaya akan kandungan serat. Selain itu minuman kesehatan juga, seperti susu dan yogurt dapat membantu meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam tubuh manusia.

Berbagai tips kesehatan bisa Anda simak selengkapnya di Guesehat.com, termasuk tips menjaga usus dan pencernaan anak sehat seutuhnya.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact