-->

Breaking

Selasa, 10 Maret 2020

Sebab Nyeri Saat Haid yang Tak Tertahankan

Sebab Nyeri Saat Haid yang Tak Tertahankan


Haid (Menstruasi) adalah proses luruhnya dinding rahim yang disertai dengan perdarahan, biasanya terjadi selama 3-7 hari. Normalnya, siklus haid terjadi setiap 28-36 hari dan berlangsung sebanyak 11-13 kali dalam satu tahun. Umumnya saat haid datang disertai dengan nyeri yang membuat para wanita tidak nyaman dan terganggu aktifitasnya. Penyebab nyeri haid karena kontraksi di dalam rahim atau kandungan. Kontraksi otot rahim ini dipicu oleh hormon prostaglandin, yang kadarnya akan meningkat tepat sebelum haid dimulai. Namun ada juga penyebab akibat gaya hidup, seperti berikut ini :

  1. Terlalu banyak makan berlemak yang tidak sehat, banyak gula dan kurang sayur dan buah. 
  2. Lemak yang tidak sehat dan makanan manis dapat merusak keseimbangan sistem hormon tubuh, menghambat penyerapan nutrsi dan meningkatkan reaksi inflamasi sehingga lebih nyeri saat haid dan bisa menjadi tidak teratur. Baca juga : Nyeri PMS Karena Hobi Makan Gorengan
  3. Kondisi Hormon dalam tubuh yang tidak seimbang menyebabkan banyak komplikasi atau penyakit tambahan seperti Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS), Kista Ovarium atau Endometriosis yang mengganggu fungsi dan meningkatkan rasa sakit saat haid.
  4. Stress yang berlebih dan berkepanjangan menyebabkan tubuh lebih sensitif dengan rasa sakit sehingga lebih nyeri saat haid.


Nyeri haid dapat diredakan dengan memberikan sedikit pijatan pada area perut dan mengompres dengan air hangat. Namun saat ini ada cara lebih mudah untuk menghilangkan nyeri haid. Anda dapat menggunakan pad penghilang nyeri yang memberikan sensasi hangat ketika digunakan sehingga perut terasa nyaman dan bisa segera aktif lagi melakukan kegiatan sehari-hari. Produk tersebut adalah ifreeindonesia.com yang bisa didapatkan di mini market dan toko-toko.

Untuk menghilangkan nyeri haid juga dapat melakukan detox agar setiap haid nyeri tersebut tidak datang lagi. Berikut ini 4 cara detox mengatasi nyeri menstruasi :

  1. Memberikan Nutrisi yang Mudah Diserap sehingga dapat langsung digunakan Tubuh untuk memperbaiki dan menyembuhkan diri, serta mengurangi craving makan tinggi lemak, gula hingga junk food.
  2. Menyeimbangkan hormon karena dengan Nutrisi yang cukup Kondisi Hormon akan seimbang sehingga mengurangi kemungkinan masalah hormon seperti PCOS. Memperbaiki pola tidur dan meningkatkan protein di otak sehingga tidak mudah stress
  3. Memperbaiki Kinerja Sistem Saraf dengan Nutrisi yang baik sehingga tidak mudah stress
  4. Meredakan Reaksi Inflamasi sehingga nyeri saat mentruasi tidak akan berlebihan.


Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact