-->

Breaking

Rabu, 15 April 2020

Simak Cara Mengelola Keuangan Dengan Benar Di Sini!

Simak Cara Mengelola Keuangan Dengan Benar Di Sini!


Saat ini, sudah ada aplikasi pengelola keuangan terbaik yang bisa membantu mengelola keuangan keluarga Anda. Setiap bulan pastinya semua orang menantikan satu hari atau tanggal yang dapat membuatnya bahagia, mungkin Anda merupakan salah satu orang tersebut. Hal ini dikarenakan hari atau tanggal ini merupakan waktu seseorang menerima gajinya setelah bekerja. Tidak heran jika satu hari atau tanggal ini banyak dinanti-nanti kedatangannya, umumnya gaji diterima setiap awal bulan. Namun setelah menerima gaji banyak orang yang mengeluh jika uangnya cepat habis.

Untuk mengatasi masalah tersebut Anda tidak perlu bingung sebab pada paragraf berikutnya akan dibahas mengenai tips penting dalam mengelola keuangan. Bahkan saat ini sudah ada aplikasi pengelola keuangan yang dapat mengatasi berbagai masalah keuangan Anda dan keluarga. Agar tidak lebih penasaran lagi sebaiknya simak informasi cara membuat laporan keuangannya berikut ini.

Cara Mengelola Keuangan Dengan Benar
Apakah Anda memiliki masalah dalam mengelola keuangan keluarga? Hal ini dikarenakan banyaknya kebutuhan sehari-hari yang tidak dapat dipungkiri lagi. Bahkan terdapat banyak kebutuhan yang tidak terduga kemunculannya. Sehingga hal ini membuat uang yang sudah dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan dalam satu bulan menjadi berantakan. Nah untuk mengatasi masalah ini, Anda tidak perlu bingung lagi. Simak beberapa cara atau tips mengelola keuangan yang benar berikut ini.

1. Mengatur Gaji
Untuk langkah pertama dalam mengelola keuangan keluarga yang benar adalah mengatur gaji yang di terima, dengan menggunakan prinsip 50-20-30. Yaitu 50 persen uang digunakan sebagai biaya hidup sehari-hari. Sedangkan maksud dari 20 yaitu Anda menyisihkan uang dari gaji bulanan sebesar 20 persen untuk ditabung dan investasi. 

Selanjutnya sisa 30 persen gaji bulanan Anda bisa digunakan sebagai tabungan untuk liburan atau berbelanja baju dan sebagainya. Sebenarnya mengatur gaji bulanan tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan keluarga Anda.

2. Membuat Daftar Budget
Langkah  kedua yang harus Anda lakukan dalam mengelola keuangan keluarga adalah membuat daftar budget pengeluaran. Baik itu harian, mingguan hingga bulanan karena hal ini akan membantu Anda memberi batasan pada uang yang akan di keluarkan. Apalagi jika Anda hidup di kota besar atau metropolitan yang umumnya berbagai jenis kebutuhan dapat terpenuhi dengan mudah. 

Seperti halnya saat membeli makanan sebaiknya menghemat dengan memasak sendiri makanan di rumah. Pastinya Anda juga sudah mengetahui jika harga makanan di restaurant jauh lebih mahal dari pada masak sendiri. 

3. Simpan Uang Receh
Nah untuk langkah yang terakhir dalam mengelola keuangan keluarga yang benar adalah menyimpan uang receh. Seperti yang diketahui jika uang receh sering disepelekan, namun mulai saat ini Anda tidak boleh lagi menyepelekannya. 

Hal ini dikarenakan uang receh tersebut nantinya akan terus bertambah jika dikumpulkan. Setelah itu bisa Anda gunakan dalam keadaan darurat apalagi di tanggal tua dimana dompet mulai tipis.

Itu tadi merupakan cara membuat laporan keuangan keluarga yang benar. Selain itu agar keuangan keluarga Anda lebih tertata sebaiknya gunakan aplikasi pengelola keuangan terbaik seperti BukuKas yang recommended untuk manajemen kas Anda. Ya, untuk mengelola keuangan  keluarga Anda dengan benar dan mudah. Semoga informasi tersebut dapat membantu Anda dalam mengelola keuangan.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact