Belajar Strategi investasi? Kenali Dulu Jenis-Jenisnya

Belajar Strategi investasi? Kenali Dulu Jenis-Jenisnya

Siapa yang tidak kenal Investasi? Pasti setiap orang mengenalnya, terlebih di era serba mudahnya informasi kita dapatkan. Investasi merupakan upaya untuk mempersiapkan masa depan supaya bisa terkondisikan dengan baik. Semisalnya pada masa hari tua, pada saat kebutuhan tertentu dan masih banyak lagi yang lainnya. Dalam hal ini tentu juga harus memiliki strategi investasi yang baik. Agar investasi yang dijalankan benar-benar tepat sasaran. 


Mengenai jenisnya investasi ini terbagi sebanyak 2 jenis yaitu investasi jangka Panjang dan investasi jangka pendek. Untuk investasi yang yang jangka Panjang yaitu dengan membeli asset dan djual dalam waktu yang cukup Panjang, sedangnya untuk investasi jangka pendek hanya membutuhkan waktu kurang dari satu tahun. 

Sebelum Anda mempelajari strategi dalam berinvestasi maka kenali dulu yang biasanya digunakan untuk investasi. Berikut ini beberapa jenisnya. 

1. Investasi Emas

Ini sebagai salah satu benda yang sering kali digunakan untuk investasi, hal ini karena emas relative lebih stabil dan tentunya tidak terpengaruh adanya inflasi. Sehingga emas sangat cocok kalau Anda gunakan untuk investasi dalam jangka Panjang. Cara untuk investasinya juga cukup mudah kita tinggal beli emas dan menyimpannya ditempat yang aman, hal tersebut untuk menghindari hal yang buruk terjadi.

2. Investasi Saham

Memang akhir-akhir ini jenis investasi ini banyak diminati, selain itu karena teknologi informasi yang ikut memberikan sumbangsih investasi jenis ini juga semakin diminati. Ini termasuk dalam investasi jangka Panjang, bisa dibilang sangat bagus. Mengenai investasi saham sendiri Anda tidak perlu mengelolanya seperti hanya investasi yang ada di bidang property ataupun bisnis. Karena memang saham ini berupa kertas investasi. Pada dasarnya yang Namanya saham ini bisa naik secara signifikan dalam jangka waktu yang Panjang. 

3. Investasi Properti

Saat ini investasi property juga menjadi popular dilakukan di masyarakat. Contohnya saja investasi berupa rumah bisa menghasilkan keuntungan yang berlipat ganda pada masa depan, karena memang nilai rumah atau tanah sudah bisa dipastikan setiap tahunnya akan meningkat secara nilai. 

Bahkan keuntungan yang bisa didapaykan dari investasi ini setiap tahunnya mencapai 20%. Tentu saja ini bisa menjadi salah satu pilihan 

4. Obligasi

Ini merupakan salah satu jenis investasi jangka Panjang yang biasanya disukai oleh pengusaha maupun investor. Obligasi sendiri merupakan surat utang yang diserahkan oleh peminjam kepada pemberi pinjaman. Pada surat tersebut nantinya akan tercantum nama Anda beserta tanggal jatuh tempo pinjaman. 

Nah pada surat utang tersebut juga akan dikenakan bunga yang menjadi kewajiban pinjaman. Biasanya dalam jangka waktu investasi dari obligasi mulai dari satu tahun sampai dengan 10 tahun.

5. Reksa Dana Saham

Ini merupakan jenis investasi yang cukup popular saat ini, mengenai jenisnya sendiri ada sebanyak 4 yaitu reksa dana saham, reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, dan reksa dana campuran. Mengenai sistemnya sama yaitu seperti berinvestasi pada saham biasanya. Yang menjadi perbedaan dari saham biasa yaitu kalau reksadana saham ini proses investasi akan dibantu oleh seorag manajer investasi. Jadi dalam hal inimanajer investasi yang akan memilih produk-produk saham yang terbaik untuk Anda.

Setelah kita mengetahui beberapa jenis investasi diatas, maka selanjutnya kita menentukan strategi investasi yang baik. Penting untuk Anda ketahui bahwa strategi investasi yang baik yaitu;

  1. Gunakan uang dingin untuk investasi
  2. Pastikan memilih tempat investasi yang aman, teruji dan banyak orang yang menggunakan.
  3. Tidak memberatkan Anda.

Nah setidaknya itu bisa menjadi refernsi untuk Anda yang akan melakukan investasi.


Anda mungkin menyukai postingan ini