Tips Ampuh Untuk Penghilang Karang Gigi

Tips Ampuh Untuk Penghilang Karang Gigi

Gigi merupakan salah satu anggota tubuh yang sangat penting untuk dirawat dan dijaga setiap harinya. Gigi memang menjadi anggota tubuh yang digunakan untuk mengunyah dan menghancurkan makanan sehingga bisa masuk dalam tenggorokan dan usus. Oleh karena itu banyak sekali sisa makanan yang tertinggal dalam gigi ketika tidak rutin membersihkannya. Alhasil dapat menyebabkan terjadinya karang gigi yang menebal dan menumpuk. Oleh sebab itu perlu sekali cara mudah untuk penghilang karang gigi agar terhindar dari penyakit gigi yang bisa menyerang. Banyak sekali cara untuk menghilangkan karang gigi yang dapat dilakukan sendiri maupun dengan bantuan dokter gigi ketika memang karang giginya sudah tebal.

Karang gigi memang bisa menimbulkan berbagai penyakit gigi seperti sakit gigi yang berlebihan, bahkan bisa membuat gusi menjadi berubah bentuk karena penebalan karang gigi. Kondisi tersebut memang membutuhkan penanganan khusus agar tidak terjadi kerusakan gigi yang lebih parah.  Tentunya banyak orang yang ingin memiliki gigi sehat dan kuat serta bersih. Oleh sebab itu penting sekali untuk merawat kesehatan gigi setiap harinya dengan rutin menggosok gigi.


Banyak sekali penyebab gigi berkarang salah satunya adalah menumpuknya plak yang dihasilkan dari makanan atau minuman yang memiliki kandungan karbohidrat. Bakteri yang menumpuk tersebut bisa menghasilkan asam yang dapat merusak enamel gigi dan mengakibatkan kerusakan gigi. Plak tersebut dapat berkembang pada akar gigi di bawah gusi yang mengakibatkan kerusakan tulang penyangga gigi.

Resep Sederhana Dan Cara Untuk Menghilangkan Karang Gigi

Banyak sekali cara mudah yang bisa anda lakukan sendiri di rumah dengan lebih efektif dan tentunya membutuhkan proses yang bertahap. Akan tetapi cara tersebut juga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menghilangkan karang gigi, sehingga perlu dilakukan secara rutin dengan benar. Berikut adalah resep simple yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan karang gigi.

1. Rutin menggosok gigi setiap hari

anda perlu sekali untuk rajin menggosok gigi setiap hari untuk menghilangkan karang gigi yang tertinggal di mulut setelah mengkonsumsi makanan atau minuman.

2. Menyikat gigi menggunakan teknik yang benar

menyikat dengan menggunakan teknik yang benar bisa membersihkan karang gigi secara bertahap serta membantu untuk menjaga enamel gigi.

3. Menggunakan obat kumur

obat kumur juga ampuh untuk menghilangkan bakteri yang tersisa dalam mulut, sehingga menghindari terjadinya karang gigi.

4. Menggunakan baking soda

menggunakan baking soda juga ternyata ampuh untuk menghilangkan karang gigi, bahkan juga mampu untuk melindungi dari kehilangan kalsium serta email. Apalagi pasta gigi terdapat kandungan soda kue sehingga bisa membantu untuk merawat kesehatan gigi.

5. Menghilangkan dengan benang

cara ini juga bisa dilakukan sendiri di rumah, yaitu menggunakan benang untuk menghilangkan karang gigi. Pasalnya menggunakan benang hanya bisa digunakan pada sela-sela gigi tidak sampai pada bagian terdalam padahal karang gigi bisa muncul di bagian terdalam gigi.  

Cara Menghilangkan Karang Gigi Dengan Scaling

Bagi anda yang memiliki karang gigi menebal dan sulit untuk membersihkannya maka dari itu anda perlu melakukan serangkaian perawatan khusus yang bisa dilakukan oleh dokter gigi. Proses pembersihan karang gigi disebut dengan scaling yang menggunakan alat khusus disebut ultrasonic scaler untuk merontokkan karang gigi yang terdapat di sela-sela gigi. Dengan teknik tersebut karang gigi yang sangat keras dan tebal bisa dihancurkan dan dibersihkan dengan cepat dan mudah. 


Anda mungkin menyukai postingan ini